Minggu, 07 April 2013

Lucid Dream



LUCID DREAM

A.Pengertian
            Lucid adalah suatu keadaan dimana kita sadar akan mimpi kita/kita berada dalam alam mimpi. Lucid dream terbagi menjadi 2 bagian yaitu :
·         Dream Initiated Lucid Dream (DILD)
suatu keadaan kita sadar bahwa kita sadar saatt berad di tengah-tengah mimpi.hal ini sering terjadi karena sering terjadi.
·         Wake Initiated Lucid Dream (WILD)
suatu keadaan Lucid Dream yang ‘disengaja’. Jadi kita bisa memasuki dalam keadaan sadar alam mimpi kita.
Seseorang yang bisa mengendalikan alam mimpi disebut “oneironaut”. Salah seorang oneironaut adalah Richard Feynman peraih nobel fisika yang terkenal karena berhasil menemukan kenapa shuttle challenger meledak. Dia adalah seorang oneironaut natural, bisa dibaca pada catatan bukunya.

B.Melakukan Lucid Dream
Untuk melakukan Lucid Dream kalian harus mengerti pertanyaan dibawah ini.
1.      Bagaimakah cara melakukan Lucid Dream dalam sekali percobaan?
Yaitu dengan menjaga kesadaran pada saat tidur. Biasanya kita tidak akan sadar dan tiba-tiba sudah bangun keesokan harinya.
2.      Kapan kita tertidur?
Untuk menjadi seorang oneironaut, kita harus melatih diri dan memperhatikan kapan tepatnya kita tertidur
Saat kita berhasil menembus membrane antara bangun tidur ini (Hypnagogic state),secara teori kita akan sadar dalam alam mimpi. Cara ini disebut Wake Initiation of Lucid Dream (WIoLD).
Teknik untuk melakukan Lucid Dream adalah :
1)      Buatlah possisi berbaring,lalu tutup mata dan relaksasikan tubuh dari ujung rambut sampai ujung kaki, bernafaslah perlahan dan lambatkan.
2)      Buatlah bayangan visual dalam pikiran sementara mata tertutup.
3)      Jaga pikiran tetap sadar. Inti dari WIoLD adalah menjaga pikiran tetap sadar dalam keadaan santai. Tubuh tidak akan tertidur jika pikiran tegang.
4)      Ini adalah fase utama. Kebanyakan orang sering berhasil di fase ini tapi gagal ke fase selanjutnya.saat dalam fase ini kita akan mengalami sleep paralysis(seperti diduduki jin),mendengar suara,sensasi jatuh,berputar-putar,dan perasaan melayang. Kebanyakan orang akan panic dan bangun. Anda tidak perlu takut jangan terbangun, tenangkan diri dan lanjutkan. Jika anda telah sering di fase 4 maka anda tidak akan merasa khawatir.
5)      Ini adala fase setelah kita berhasil masuk kedalam alam mimpi. Kita berada di tempat yang gelap gulita,jangan panik. Saat kita disini berkonsentrasilah, kita dapat menjelajahi atau membuat mimpi kita sendiri.SELAMAT ANDA BERHASIL MENJADI ONEIRONAUT.

Tips untuk mempermudah Lucid Dream :
1)      Dream Recall
Ini adalah teknik dasar dan harus dilakukan terus menerus. Yaitu dengan mencatat mimpi kita, apapun yang kita ingat dari mimpi kita. Cara ini akan membiasakan otak untuk mengingat mimpi, dan mempermudah Lucid Dream
2)      Makan Pisang
Pisang mengandung banyak zat Tryptophan dan vitamin B6. Tryptophan akan diubah menjadi serotonin di otak dan dibantu oleh B6. Serotonin adalah zat kimia yang mengatur mood, ingatan jangka pendek, dan MIMPI dalam otak. Makanan yang mengandung serotonin antara lain kacang dan tomat.
3)      Wake-Back-To-Bed (WBTB)
Ini adalah teknik langsung ke fase REM(Rapid Eye Movement), yaitu fase tidur saat terjadinya mimpi. Tidurlah dalam keadaan lelah dan bangun 5 jam kemudian. Dalam keadaan mengantuk konsentrasilah pada teknik WIoLD. Untuk orang yang kesulitan sadar sampai tahap hypnagogic state bisa meminta bantuan orang lain/memasang alarm untuk membangunkan kita  ½- 1 jam setelah kita berusaha tidur. Saat itu kita mulai kehilangan kesadaran pada waktu itu tapi jangan bangun. Tetap dalam keadaan setengah tidur dan coba teknik WIoLD dan berusaha sadar menembus hypnagogic sekali lagi.

C.Manfaat Lucid Dream
            Tentu saja, tujuan utama merasakan Lucid Dream adalah untuk menikmati kehidupan di dunia mimpi, di mana kita bisa mendapatkan berbagai pengalaman yang sangat menyenangkan.  Tujuan lain adalah untuk memenuhi keinginan yang tidak bisa tercapai di dunia nyata.  Karena dalam lucid dream kita bisa mengontrol segala sesuatu di dalamnya, maka untuk mengatur berbagai hal yang ingin kita capai akan menjadi hal yang sederhana.  Manfaat lain dari Lucid Dream adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, mengatasi fobia dan trauma, meningkatkan kreativitas, dan menambah rasa percaya diri.
 
D.Adakah dampak negatif Lucid Dream?
Selama tidak dilakukan secara berlebihan, tidak ada dampak fisik negatif dari Lucid Dream.  Beberapa kasus stres mungkin muncul jika Lucid Dream anda bersifat mengerikan atau menakutkan.  Dalam kasus lucid dream yang akut, beberapa orang mungkin kehilangan motivasi di dunia nyata karena mereka merasa bisa mendapatkan apapun di dunia mimpi.  Satu hal yang anda harus ingat, segala hal dalam Lucid Dream hanyalah mimpi, tidak ada yang berupa kenyataan.

E.Apa saja yang bisa kita lakukan dalam kondisi Lucid Dream?
Sangat banyak dan bervariasi.  Kita bisa mencoba apapun dan menjadi apapun di alam mimpi.  Pengalaman paling umum adalah merasakan terbang dari satu tempat ke tempat lainnya.  Ada pula penjelajahan ke dimensi lain, interaksi dengan orang-orang yang ada di alam bawah sadar anda (subconscious) dan lain-lain.  Perlu diingat, indra penglihatan, pendengaran, peraba, perasa, dan penciuman anda tetap aktif dalam lucid dream. Anda bahkan bisa mengalami berbagai emosi seperti rasa senang,sedih, terharu, bahagia, dan lain-lain.  Ada 3 kategori Lucid Dreamer, dan berikut adalah hal-hal yang bisa dialami :

1.  Tingkat Pemula
Berjalan menembus tembok, menggambar di langit, terbang di angkasa, menjelajah dunia mimpi.

2.  Tingkat Menengah
Makan, berkencan atau bertemu tokoh-tokoh yang selama ini hanya ada dalam imajinasi anda seperti artis, olahragawan, politikus, pahlawan, tokoh kartun, dan lain-lain.

3.  Tingkat Ahli
Berhubungan seksual, merasakan kehidupan setelah mati, mendapatkan inspirasi untuk diterapkan ke dunia nyata (contoh :  ide untuk menulis buku, membuat film, dan sebagainya)

Satu hal lagi yang perlu diingat, ada batasan-batasan dalam Lucid Dream.  Anda mungkin bisa mengontrol mimpi, namun tidak 100% karena bagaimanapun, mimpi adalah sebuah dimensi lain dari kehidupan anda.
            Jangan takut bermimpi, mimpi akan memberi sesuatu yang positif


Terima kasih

6 komentar:

  1. cara ngilanginnya gimana?
    mungkin sekitar 15 tahun ni pengacau sama saya
    bisa dibilang tingkat diatas ahli -_-

    BalasHapus
  2. Trimakasih karna sya sdah bsa menjadi seorang Telekinesis di dalam Lucid dream

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Saya terbang2an udah sering, sekarang udah tingkat menengah.
    Gimana cara udahannya ini ? Cape sendiri jadinya punya 2 alam wkwk

    BalasHapus