Minggu, 12 Mei 2013

Monoural Beats



Pengertian
Monaural beats berbeda dengan binaural beats dikarenakan Terapi Gelombang Otak dengan nada tunggal. Gelombang yang di tangkap telinga kiri dan kanan adalah sama frekwensinya.
Monaural beats bekerja dengan cara menggabungkan dua gelombang sinus  sebelum mencapai telinga. metode ini tidak memerlukan otak untuk memproses gelombang yang masuk. Karena alasan ini, banyak peneliti menyimpulkan nada mono lebih efisien. Ketukan monaural juga tidak memerlukan headphone, walaupin demikian, penggunaan headphone tetap membantu untuk menutup gangguan suara luar saat mendengarkan.
Monaural Beat diproduksi di hampir setiap frekuensi (bahkan di luar 900 Hz) dan juga dapat dirasakan jika kedua gelombang yang di terima otak dipisahkan oleh lebih dari 25 Hz.

Kelebihan dan Kekurangan
Setiap teknologi pasti ada kelebihan dan kekurangan yaitu

Kelebihan
1.      Tidak perlu menggunaklan headphone
2.      Tidak memerlukan otak untuk memproses gelombang yang masuk
3.      Monaural Beat diproduksi di hampir setiap frekuensi (bahkan di luar 900 Hz)

Kekurangan
1.      agar Monaural Beat tetap bisa mempertahankan efek penuhnya, nada harus memiliki amplitudo sama
2.      agar Monaural Beat dapat menstimulasi otak secara signifikan, Monaural Beat harus berada pada volume yang cukup keras bagi pendengar untuk bisa menangkap modulasi yang seharusnya.

Meski adanya keterbatasan, Monaural Beat sangat efektif dalam menstimulasi otak dan memiliki keuntungan tambahan yaitu jika di gunakan dengan headphone mempunyai kesamaan seperti efek hipnotis dari Binaural Beat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar